pattonfanatic.com

Luhut Sebut Elon Musk Mau Pasang Internet Starlink di IKN

Ilustrasi Starlink, internet satelit buatan Elon Musk.
Lihat Foto

JAKARTA, - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyebutkan, miliarder Elon Musk akan berinvestasi di Indonesia melalui Starlink, anak usaha dari SpaceX.

Luhut mengaku telah berkomunikasi dengan CEO SpaceX tersebut pada Jumat (2/2/2024). Komunikasi itu membicarakan rencana pemasangan jariangan internet di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

"Saya dengan Elon Musk teleponan minggu lalu, hari Jumat. Kan Starlink mau masuk, saya kira hampir selesai persyaratannya," ujarnya saat ditemui di Kantor Kemenko Marves, Rabu (7/2/2024).

Baca juga: Soal Investasi Tesla di Indonesia, Luhut: Kita Sudah Ada BYD Kok

Ia menuturkan, begitu Starlink melengkapi persyaratan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), dalam kurun waktu sepekan Starlink harus melakukan proses Uji Laik Operasi (ULO).

Setelah dinyatakan lulus uji dan mendapatkan Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) dari Kominfo, maka Musk dkk pun bisa datang ke Indonesia untuk melakukan peresmian investasi. Rencananya, seremoni masuknya investasi Starlink akan dilakukan di IKN.

"Dia akan ke IKN, begitu surat persyaratan Kominfo selesai, seminggu kemudian kita kasih issue ULO, begitu layak operasi jalan, lima hari kemudian dia bisa datang," kata Luhut.

"Kalau dia datang kita sudah usul dia ke IKN, karena dia mau launching katanya di IKN, dan di puskesmas yang dekat IKN," imbuhnya.

Luhut bilang, investasi Starlink di IKN ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar tersedia jaringan internet yang memadai, khususnya di puskesmas-puskesmas sekitar IKN. Harapannya, kualitas pelayanan kesehatan di pedesaan bisa meningkat.

"Supaya puskesmas-puskesmas yang tidak terjangkau dengan komunikasi, dengan Starlink jadi bisa terjangkau, sehingga pelayanan kesehatan di pedesaan itu bisa terjangkau," pungkas dia.

Baca juga: Anak Buah Luhut Buka Suara soal Rencana Investasi Starlink di Indonesia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat