pattonfanatic.com

Uang Kertas Baru Bergambar Raja Charles III Segera Beredar di Inggris

Raja Charles III.
Lihat Foto

LONDON, - Bank sentral Inggris Bank of England resmi mengumumkan uang kertas baru bergambar Raja Charles III akan mulai beredar pada 5 Juni 2024 mendatang.

Ini menjadi momen bersejarah karena Raja Charles III adalah monarki kedua yang ditampilkan di uang kertas poundsterling.

Dikutip dari BBC, Kamis (22/2/2024), Gubernur Bank of England, Andrew Bailey, menyatakan, pihaknya sangat bangga merilis desain uang kertas baru yang akan mengusung potret Raja Charles III.

Baca juga: Mengenal Poundsterling dan Sejarahnya Jadi Mata Uang Tertua di Dunia

Ilustrasi uang kertas poundsterling.SHUTTERSTOCK/ALEX SEGRE Ilustrasi uang kertas poundsterling.

Meskipun Raja Charles III akan muncul di uang kertas pecahan 5, 10, 20, dan 50 poundsterling, sisi belakangnya akan tetap menghormati tokoh-tokoh ikonik Inggris, seperti Winston Churchill, Jane Austen, JMW Turner, dan Alan Turing.

Skema warna dan pola yang diperkenalkan sejak beralih ke bahan polimer pada tahun 2017 akan tetap dipertahankan.

Transisi ke uang kertas poundsterling bergambar Raja Charles III akan dilakukan secara bertahap.

Bank of England menekankan bahwa uang kertas lama yang menampilkan Ratu Elizabeth II akan tetap sah. Uang kertas bergambar mendiang Ratu Elizabeth II akan terus beredar sampai mengalami kerusakan, di mana pada saat itu akan diganti dengan uang baru.

Baca juga: Poundsterling Melemah, Pariwisata Inggris Merekah

Masyarakat Inggris Raya akan memiliki kesempatan untuk menukarkan sejumlah terbatas uang kertas lama dengan uang kertas bergambar Raja Charles III melalui Bank of England.

Pengenalan uang kertas bergambar Raja Charles III mengikuti rilis koin yang menampilkan sang Raja pada Desember 2022.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat