pattonfanatic.com

Sandiaga: Digitalisasi Perluas Akses Pemasaran UMKM Ekonomi Kreatif

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Menparekraf), Sandiaga Uno saat memberikan kata sambutan di acara pembukaan Indonesia Fashion Week (IFW) 2024 di Plenary Hall Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat, pada Rabu (27/3/2024).
Lihat Foto

JAKARTA, - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan, lewat digitalisasi, para pelaku UMKM di sektor ekonomi kreatif (ekraf) yakni produk-produk andalan dari subsektor fesyen, kriya, dan kuliner mampu memperluas akses pemasaran.

“Dengan digitalisasi, akses pemasaran juga semakin meluas sehingga potensi penjualan produk-produk ekraf menjadi lebih tinggi,” kata Sandi di Jakarta, dikutip dari Antara, Jumat (5/4/2024).

Ia mengatakan pemerintah terus berupaya mengakselerasi transformasi digital guna mendukung peningkatan ekonomi digital Indonesia, sebab ekosistem digital menjadi langkah awal dalam bertransformasi menuju ekosistem kolaborasi teknologi informasi agar dapat tetap bertahan.

Baca juga: TikTok Shop “Come Back”, Bos Tokopedia Jamin Keamanan Data Terjaga

Ilustrasi TikTok Shop.SHUTTERSTOCK/MUHAMMAD ALIMAKI Ilustrasi TikTok Shop.

Sementara itu, untuk mendukung program pemerintah, saat ini integrasi sistem TikTok Shop ke Tokopedia sudah rampung 100 persen per 27 Maret 2024.

Dengan demikian proses fasilitasi transaksi pembayaran TikTok Shop kini dilakukan pada sistem elektronik Tokopedia.

Lewat integrasi itu, Sandi berharap akan berdampak positif terhadap pertumbuhan ekosistem UMKM di Indonesia khususnya di sektor ekraf.

Kemenparekraf akan mendorong pelaku UMKM memanfaatkan TikTok Shop dan Tokopedia untuk berjualan serta memanfaatkan program upskilling dan reskilling SDM pelaku UMKM, di antaranya melalui program TikTok Jalin Nusantara.

Baca juga: Jalan Panjang Come Back TikTok Shop hingga Menjelma Jadi Shop Tokopedia

Hal ini juga bisa mendukung program digitalisasi 30 juta UMKM dari total 60 juta di seluruh Indonesia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat