pattonfanatic.com

Bangun Ekosistem Energi Baru di Indonesia, IBC Gandeng 7 BUMN

MoU signing press release Indonesia Battery Corporation (IBC)
Lihat Foto

JAKARTA, - Indonesia Battery Corporation (IBC) terus berinovasi dalam mengembangkan ekosistem baterai dan kendaraan listrik di Indonesia.

Pada hari ini, Selasa (30/4/2024) IBC menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan 7 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dari 5 sektor strategis, yakni telekomunikasi, perkebunan dan pangan, pertahanan, pariwisata, dan transportasi.

Kerja sama ini bertujuan untuk mempercepat transisi energi dan mendukung target Net Zero Emission pada tahun 2060.

Baca juga: Menteri ESDM Sebut Transisi Energi Baru Terbarukan Baru 60 Persen dari Target

Ilustrasi kendaraan listrik, mobil listrik. SHUTTERSTOCK/GUTEKSK7 Ilustrasi kendaraan listrik, mobil listrik.

IBC turut serta menggandeng beberapa BUMN besar seperti PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, PT Perkebunan Nusantara III (Persero), PT Pupuk Indonesia, PT Len Industri (Persero), PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero), PT INKA (Persero), dan PT Prima Armada Raya.

Dalam acara penandatanganan ini, hadir pula Sekretaris Kementerian BUMN, Rabin Indrajad Hattari, yang memberikan dukungan penuh terhadap kolaborasi ini.

"Kami sangat mendukung kolaborasi dalam pembangunan New Energy Ecosystem di berbagai sektor strategis BUMN, karena hal ini dapat menjadi fondasi yang memberikan inspirasi dan benchmark bagi pembangunan berkelanjutan," ujar Rabin.

"Kami harapkan MoU ini dapat segera ditindaklanjuti melalui langkah nyata yang dapat mendukung pencapaian Net Zero Emission di berbagai sektor." tambahnya.

Baca juga: Pemanfaatan Energi Baru Terbarukan RI Baru Capai 0,5 Persen, Sri Mulyani: Memalukan

Langkah IBC ini selaras dengan kebijakan pemerintah yang mengusung target Net Zero Emission pada tahun 2060.

Direktur Utama IBC, Toto Nugroho menyatakan percepatan implementasi ekosistem energi baru ini sesuai dengan semangat dan mandat yang diberikan oleh Menteri BUMN kepada IBC.

"IBC akan menjadi leading party dalam pengembangan regional EV and battery hub, yang tentunya berkesinambungan dengan pengembangan industri hilirisasi nikel terintegrasi," jelas Toto.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat