pattonfanatic.com

Mengupas Manfaat dan Cakupan Peserta Program Iuran Tapera

Ilustrasi tabungan untuk membeli rumah, membeli rumah.
Lihat Foto

JAKARTA, - Program iuran wajib Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) masih mendapat banyak sorotan dari berbagai lapisan masyarakat. Program ini disebut memberatkan banyak pihak karena sifatnya yang wajib.

Pemerintah akan mewajibkan pekerja swasta dan mandiri dengan gaji atau penerimaan di atas UMR untuk menjadi peserta Tapera.

Para peserta nantinya akan dikenakan iuran Tapera sebesar 3 persen. Bagi para pekerja swasta, iuran sebesar 0,5 persen dibebankan kepada pemberi kerja, sementara sisanya dibayarkan oleh pekerja sendiri.

Baca juga: Usulan Pengusaha: Yang Sudah Punya Rumah, Tak Wajib Ikut Tapera

Ilustrasi membeli rumah, kredit pemilikan rumah (KPR). FREEPIK/WIRESTOCK Ilustrasi membeli rumah, kredit pemilikan rumah (KPR).

Ini sebagaimana disebutkan dalam Undang-Undang (UU) Nomor 4 Tahun 2016 tentang Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) beserta aturan turunannya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 Tahun 2024 tentang Perubahan atas PP Nomor 25 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tabungan Perumahan Rakyat.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan program Tapera hadir untuk merespons persoalan backlog perumahan yang kini melanda 9,9 juta penduduk RI

"Ada problem backlog yang dihadapi pemerintah sampai saat ini, ada 9,9 juta masyarakat Indonesia yang belum memiliki rumah. Ini data BPS ya, bukan ngarang," kata Moeldoko di Kantor Staf Presiden (KSP) Jakarta, Jumat (31/5/2024).

Backlog dalam perspektif Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) merujuk pada jumlah unit perumahan yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan perumahan dalam suatu kawasan atau wilayah tertentu.

Baca juga: 6 Alasan Buruh Tolak Program Iuran Tapera

Menurut Moeldoko, salah satu pemicu persoalan backlog perumahan adalah interval kenaikan gaji pekerja yang tidak seimbang dan tingkat inflasi sektor perumahan di Indonesia.

Oleh karena itu, pemerintah menghadirkan program Tapera dalam skema tabungan untuk membangun rumah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat