pattonfanatic.com

Gerak Cepat Menko Airlangga, Sehari Temui 3 Pimpinan Tertinggi Singapura Bahas Kerja Sama Ekonomi

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto bertemu dengan Presiden Singapura Tharman Shanmugaratnam di The Istana, Kantor Presiden Singapura, Jumat (7/6/2024).
Lihat Foto

- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto bergerak cepat memanfaatkan momentum untuk mengadakan serangkaian pertemuan dengan petinggi Singapura guna mendorong kerja sama ekonomi.

Hal tersebut dilakukan Airlangga setelah rangkaian acara Pertemuan Tingkat Menteri Indo-Pacific Economic Framework for Prosperity (IPEF) dan IPEF Clean Economy Investor Forum pada Rabu (5/6/2024) hingga Kamis (6/6/2024).

Pada Jumat (7/6/2024), ia memulai agenda dengan breakfast meeting bersama Deputi Perdana Menteri (DPM) Gan Kim Yong, sebelum keduanya memimpin Pertemuan ke-6 Bilateral Working Group Indonesia - Singapura sebagai Co-Chair.

Baca juga: Hasilkan 6 Ton Emas per Tahun, Agincourt Resources Pilih Ekspor Hasil Tambang ke Singapura

Dalam pertemuan bilateral tersebut, Airlangga dan Gan membahas hasil pembahasan teknis yang difasilitasi oleh enam working group, yaitu Kawasan Ekonomi Khusus, Investasi, Tenaga Kerja, Transportasi, Agri-Bisnis, dan Pariwisata. Pertemuan ini menghasilkan kesepakatan konkret di setiap area tersebut.

Setelah selesai acara Bilateral Working Group, ada sesi makan siang dengan pembahasan lebih lanjut antara Airlangga dan Gan tentang berbagai isu strategis lainnya, termasuk keberlanjutan program kerja sama ekonomi yang telah disepakati di forum-forum bilateral, regional, maupun multilateral.

Setelah pertemuan dengan Gan, Airlangga bergerak ke The Istana, Kantor Presiden Singapura, untuk bertemu dengan Presiden Singapura Tharman Shanmugaratnam.

Baca juga: Tharman Shanmugaratnam Terpilih Jadi Presiden Singapura

Pertemuan empat mata tersebut berlangsung hangat selama sekitar 45 menit, membahas isu revolusi hijau, sistem pangan modern yang didukung oleh Temasek, dan berbagai isu geoekonomi lainnya.

Pertemuan berikutnya di The Istana dilakukan dengan Perdana Menteri (PM) Singapura Lawrence Wong, yang didampingi pejabat dari Ministry of Trade and Industry (MTI).

Dalam pertemuan tersebut, selain menyampaikan hasil dari pertemuan Bilateral Working Group, dibahas juga berbagai isu kerja sama ekonomi, termasuk dukungan Singapura untuk aksesi Indonesia ke Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) dan partisipasi dalam Comprehensive and Progressive Agreement for Trans-Pacific Partnership (CPTPP).

Baca juga: Kemenlu: Tidak Perlu Spekulasi Keanggotaan OECD Indonesia Akan Diveto Israel

Pertemuan produktif tersebut berlangsung hampir satu jam dan berhasil membahas berbagai isu penting untuk keberlanjutan kerja sama kedua negara ke depannya.

Hari itu menjadi momen luar biasa, karena Airlangga berhasil menyelesaikan pertemuan tahunan Bilateral Working Group, serta bertemu dengan tiga pemimpin tertinggi Singapura dalam satu hari yang sama.

Mulai dari pertemuan dengan DPM Gan Kim Yong, pertemuan empat mata bersama Presiden Tharman Shanmugaratnam, hingga pertemuan panjang dengan PM Lawrence Wong.

Baca juga: Jokowi Ucapkan Selamat ke PM Baru Singapura Lawrence Wong

Dalam berbagai pertemuan penting ini, Airlangga didampingi oleh Sekretaris Kementerian Koordinator (Sesmenko) Perekonomian Susiwijono Moegiarso, Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia (RI) untuk Singapura Suryopratomo, serta tim ahli dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat