pattonfanatic.com

Jaga Ekosistem Laut, SPIL Lakukan Transplantasi Bibit Karang

Ilustrasi terumbu karang.
Lihat Foto

JAKARTA, - Perusahaan logistik PT Salam Pacific Indonesia Lines (SPIL) bersama Indonesian Conservation Institute (ICI) melaksanakan transplantasi 500 bibit karang di Pantai Grand Watu Dodol, Banyuwangi, Jawa Timur sebagai bentuk komitmen menjaga ekosistem laut.

"Sebagai perusahaan shipping logistik yang bergantung pada kesehatan laut, kami merasa memiliki tanggung jawab untuk berkontribusi nyata dalam melestarikan terumbu karang. Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat memperbaiki ekosistem yang rusak, mendukung biodiversitas laut," kata Head of ESG PT SPIL Andri Theja, dikutip dari Antara, Senin (10/6/2024).

Kegiatan yang dilakukan bertepatan dengan peringatan Hari Laut Sedunia pada 8 Juni tersebut turut menggandeng masyarakat lokal melalui Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Pesona Bahari yang merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial perusahaan.

Baca juga: KKP Kaji Fenomena Pemutihan Karang Waspadai Naiknya Suhu Air Laut

Ilustrasi terumbu karang. PIXABAY/GGUNGPA0 Ilustrasi terumbu karang.

Menurut dia, kegiatan itu turut sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs), khususnya dalam menjaga ekosistem laut, dan mencegah perubahan iklim.

Ia menjelaskan pihaknya bertanggung jawab untuk pemilihan tempat, metode transplantasi, dan bibit karang, serta menjalin kerja sama dengan kelompok masyarakat setempat guna menyukseskan upaya menjaga ekosistem laut tersebut.

"Proyek transplantasi ini merupakan bentuk dukungan terhadap ekosistem terumbu karang alami di Pantai Grand Watu Dodol. Monitoring akan selalu dilakukan oleh ICI guna memantau kondisi kesehatan dan kelangsungan hidup karang, serta melakukan tindakan tambal sulam jika ada bibit karang yang mati," katanya.

Selain itu menurut dia, ICI juga memiliki program edukasi lingkungan yang mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam upaya mempertahankan atau menyelamatkan ekosistem pesisir dan laut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat