pattonfanatic.com

Kapan LRT Bali Mulai Dibangun?

Ilustrasi LRT. Pemerintah akan membangun LRT di Bali.
Lihat Foto

JAKARTA, - Pemerintah akan membangun proyek LRT Bali dengan nilai investasi tahap 1 sebesar 876 juta dollar AS atau Rp 14,19 triliun. Lalu kapan proyek infrastruktur ini mulai dibangun?

Pj Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya masih belum dapat memastikan kapan peletakan batu pertama (groundbreaking) yang menandai dimulainya pembangunan LRT Bali akan dilakukan.

Saat ini pihaknya masih mempersiapkan proses pembangunan setelah studi kelayakan (feasibility study/FS) LRT Bali Tahap 1A rampung.

Baca juga: LRT Bali Tahap 1A Dibangun di Bawah Tanah meski Biaya Lebih Mahal, Ini Kata Kemenhub

Kendati demikian, dia berharap proses ini akan dirampung secepatnya sehingga groundbreaking dapat dilakukan dalam waktu dekat.

"Masih dipersiapkan, mudah-mudahan dapat secepatnya," ujarnya saat dihubungi , Minggu (9/6/2024).

Adapun proses pembangunan LRT Bali tahap awal ini akan dilakukan oleh badan usaha milik daerah (BUMD) Bali yakni PT Sarana Bali Dwipa Jaya (SBDJ).

Sebagai informasi, PT SBDJ merupakan salah satu BUMD yang bekerja sama dengan PT Jamkrida Bali Mandara sesuai penugasan dari Peraturan Gubernur Nomor 9 Tahun 2024.

Baca juga: Rute LRT Bali Tahap 1A Sepanjang 6 Km

Dengan Pergub tersebut keduanya diberikan amanat oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali untuk mewakili kepentingan pemerintah daerah dalam mengembangkan sistem angkutan umum massal berbasis kereta di Bali.

"Prosesnya dikawal oleh PT SBDJ," kata dia.

Berdasarkan FS, proyek LRT Bali Tahap 1A akan memiliki panjang lintasan 6,04 kilometer dari Bandara I Gusti Ngurah Rai ke Sunset Road.

Kereta ringan yang akan dibangun di bawah tanah ini akan memiliki lima stasiun, yaitu Bandara I Gusti Ngurah Rai, Kuta, Pura Desa Adat, Central Park, dan Sunset Road.

Baca juga: LRT Bali Full Underground, Proyek Tahap 1 Telan Rp 14,19 Triliun

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat