pattonfanatic.com

Apresiasi Program WEC, Pemerintah Tawarkan Pendanaan dan Riset untuk Pelaku Usaha

Staf Ahli Bidang Konektivitas, Pengembangan Jasa, dan Sumber Daya Alam Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian Indonesia Musdhalifah Machmud.
Lihat Foto

- Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah (Jateng) Sumarno mendorong peningkatan pemberdayaan perempuan melalui berbagai kegiatan wirausaha, khususnya di wilayah Jateng.

Upaya itu perlu dilakukan karena potensi perempuan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di wilayah Jateng cukup besar.

Hal tersebut ia sampaikan di sela acara Final Day and Awarding Night Women Ecosystem Catalyst (WEC) di Openaire Resto Semarang, Jateng, Kamis, (6/6/2024).

Sebagai informasi, WEC adalah program yang digagas oleh PT HM Sampoerna Tbk (Sampoerna) melalui Payung Program Keberlanjutan Sampoerna Untuk Indonesia (SUI) bersama Perkumpulan Imajinasi Penaja Mula dan Dinas Koperasi UKM Provinsi Jateng.

"Lebih dari 60 persen pelaku UMKM adalah perempuan. Ini menunjukkan perempuan itu ulet, lebih tahan, dan semangatnya luar biasa," ujar Sumarno dalam siaran pers yang diterima , Selasa (11/6/2024).

Baca juga: Berawal dari Kepepet hingga Menang Kompetisi di Paris, Ini Kisah Sukses Ismiyati dan Usaha Roti Bekatulnya

Terkait pemberdayaan, Sumarno menuturkan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng saat ini juga terus memfasilitasi pelaku UMKM agar mereka dapat terus berkembang.

Beberapa fasilitas yang diberikan Pemprov Jateng kepada pelaku UMKM di antaranya adalah pameran dan pelatihan dengan menggandeng sejumlah pemangku kepentingan, seperti Bank Indonesia dan Sampoerna.

Pada kesempatan itu, Sumarno juga mengapresiasi kegiatan WEC karena mampu mengedukasi perempuan terkait berbagai ilmu wirausaha, mulai dari pembuatan produk berkualitas, tata kelola keuangan bisnis, branding, hingga perluasan jaringan pemasaran.

"Hasil kegiatan ini dapat membangun ekosistem usaha yang baik. Nanti, teman-teman juga akan dihubungkan dengan para pengusaha-pengusaha yang sukses," kata Sumarno.

Selain menjadi sarana pemberdayaan UMKM dan perusahaan rintisan atau startup, program WEC juga dinilai dapat mengurangi angka pengangguran.

"Ini merupakan program yang luar biasa," ucap Sumarno.

Baca juga: Mulai dari Bangun Jejaring hingga Peluang Kolaborasi, Ini 5 Manfaat UMKM Gabung Komunitas Bisnis

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Konektivitas, Pengembangan Jasa, dan Sumber Daya Alam Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian Indonesia Musdhalifah Machmud turut mengapresiasi program WEC.

Ia juga memuji para perempuan pelaku UMKM yang dinilai sebagai penggerak ekonomi negara.

“Saya sudah melihat secara langsung bagaimana pelatihan wirausaha yang diadakan Pemprov Jateng dengan Sampoerna. Kami yakin tujuan ekonomi bisa tercapai dengan bantuan mentor-mentor yang keren. Saya juga yakin pencapaiannya keren. Acaranya santai, tapi sangat berisi," jelas Musdhalifah.

Menurut Musdhalifah, negara saat ini masih membutuhkan lebih banyak wirausaha. Maka dari itu, ia mengusulkan agar program WEC dapat dikembangkan ke wilayah yang lebih luas.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat