pattonfanatic.com

Jadi Presiden Komisaris Vale Indonesia, Simak Profil Rachmat Kaimuddin

Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marves Rachmat Kaimuddin saat ditemui di Hotel Kempinski, Jakarta, Jumat (10/11/2023).
Lihat Foto

JAKARTA, - PT Vale Indonesia Tbk (INCO) akan merobak jajaran dewan komisaris perseroan menyelesaikan transaksi divestasi yang dijadwalkan rampung akhir bulan ini.

Keputusan merombak jajaran manajemen perusahaan telah mengantongi kesepakatan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Jakara, Senin (10/6/2024).

“Pemegang saham juga menyetujui perubahan anggota Dewan Komisaris untuk periode selesainya Transaksi Divestasi sampai dengan RUPST tahun 2027, dan mengangkat Muhammad Rachmat Kaimuddin sebagai Presiden Komisaris,” seperti dikutip dari pernyataan resmi manajemen Vale Indonesia.

Baca juga: Vale Indonesia Umumkan Manajemen Baru, Anak Buah Luhut Jadi Presiden Komisaris

Rachmat mulai dikenal masyarakat setelah berhasil membawa perusahaan PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) menjadi unicorn pertama di Indonesia yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 2021. Jelang beberapa waktu setelah listing, Rachmat resmi diangkat menjadi CEO Bukalapak menggantikan Achmad Zaky.

Pada 2022, Rachmat bergabung di pemerintahan tepatnya di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. Rachmat menjalankan tugasnya sebagai Penasehat Khusus Menteri Koordinator Bidang Pengembangan Teknologi Berkelanjutan.

Jauh sebelum mengenyam posisi tersebut, Rachmat memulai karirnya sebagai Senior Associate di Boston Consulting Group. Dia juga pernah menjabat sebagai Managing Director PT Cardig Air Services, Chief Financial Officer PT Bosowa Corporindo, Managing Director PT Semen Bosowa Maros, Vice President Baring Private Equity Asia dan Principal of Quvat.

Pada 2014, dia menjabat sebagai anggota Dewan Komisaris untuk PT Bank Bukopin Tbk, hingga kemudian ditunjuk sebagai Direktur di bank yang sama pada 2018. Dalam bidang akademik, Rachmat mendapatkan gelar Bachelor of Science dari Massachusetts Institute of Technology (MIT), Boston, AS.

Setelah selesai, Rachmat kemudian melanjutkannya studinya di Stanford University, California, AS untuk mendapatkan gelar Master of Business Administration.

Rachmat pun diketahui, juga sempat bekerja di PT Toba Bara Sejahtera Tbk, perusahaan yang diyakini milik Luhut karena ada kepemilikan sahamnya tersebut pada tahun 2012 silam.

Adapun susunan Dewan Komisaris baru Vale Indonesia:
Presiden Komisaris : Muhammad Rachmat Kaimuddin
Wakil Presiden Komisaris : Emily Olson Komisaris
Komisaris : Fabio Ferraz
Komisaris : Kristina Litzinger
Komisaris : M. Jasman Panjaitan
Komisaris : Edi Permadi
Komisaris : Yusuke Niwa
Komisaris Independen : Rudiantara
Komisaris Independen : Raden Sukhyar
Komisaris Independen : Marita Alisjahbana

Baca juga: Dari CEO Bukalapak Jadi Anak Buah Luhut, Rachmat Kaimuddin Rela Tinggalkan Kenyamanan dan Gaji Tinggi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat