pattonfanatic.com

Menko Airlangga Bertemu Dmitry Medvedev, Sepakat Perkuat Hubungan Bilateral Kedua Negara

Menko Perekonomian RI Airlangga Hartarto bertemu Wakil Ketua Dewan Keamanan Nasional Rusia Dmitry Medvedev di Moskow, Rusia, Selasa (11/6/2024).
Lihat Foto

 - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto berkesempatan bertemu dengan Wakil Ketua Dewan Keamanan Nasional Rusia Dmitry Medvedev saat hari kedua kunjungannya ke Rusia, Selasa (11/6/2024).

Airlangga bertemu dengan pria yang merupakan mantan Presiden Rusia periode 2008-2012 serta mantan Perdana Menteri (PM) Rusia periode 2012-2020 itu di kediaman resmi Medvedev di State Residence Gorky 9 Odintsovo, Moskow, Rusia.

Saat menyambut Airlangga di kediamannya, Medvedev secara tegas menyampaikan pendapatnya atas peran dan posisi penting Indonesia di mata Rusia.

“Indonesia merupakan mitra utama Rusia dan yang terbesar di kawasan Asia-Pasifik," ucap Medvedev lewat siaran persnya, Rabu (12/6/2024).

Baca juga: Di Rusia, Menko Airlangga Temui Menteri hingga CEO Perusahaan Terkemuka demi Genjot Kerja Sama Ekonomi dan Investasi

Selain itu, Medvedev juga menyampaikan rasa senangnya atas kontak dan pertemuan dengan Airlangga. Dia berharap pertemuan ini bisa melahirkan berbagai kerja sama untuk isu-isu global yang menjamin keamanan dunia.  

“Kami senang mengembangkan komponen ini dalam kontak kami. Mari kita bahas kerja sama untuk membahas isu-isu global, isu-isu yang menjamin keamanan di planet ini. Pertemuan ini adalah kesempatan yang sangat baik untuk menjalin kontak demi pengembangan hubungan multifaset (multifaceted relations) antarnegara kita,” terang Medvedev.

Airlangga pun menyampaikan terima kasihnya atas sambutan yang baik dari Medvedev. Dia juga menyoroti eratnya hubungan bilateral Indonesia-Rusia.

“Rusia adalah salah satu mitra ekonomi terbesar Indonesia. Kami ingin melanjutkan kerja sama dan bisa mengembangkannya ke depan, untuk mencapai saling pengertian yang lebih besar,” tegas Airlangga.

Baca juga: Airlangga Tak Terima Surat untuk Jadi Saksi Meringankan Kasus SYL

Dia menambahkan, hubungan bilateral Indonesia-Rusia menjadi momen penting untuk memperkuat kerja sama ekonomi, khususnya di sektor perdagangan, perindustrian, dan investasi kedua negara.

“Indonesia menyambut baik pertemuan ini sebagai bagian dari upaya peningkatan hubungan yang lebih baik ke depannya,” ungkap Airlangga.

Tak lupa, Airlangga juga menyampaikan berbagai pandangan atas isu-isu global dan strategis lainnya, termasuk geopolitik global dan dinamika positif di kedua negara.

Sebagai informasi, pada pertemuannya dengan Medvedev, Airlangga didampingi oleh Duta Besar Indonesia untuk Rusia di Moskow Jose Tavares dan Tim Ahli Kemenko Perekonomian.

Sementara itu, Medvedev didampingi oleh beberapa pejabat tinggi dari pemerintahan Rusia.

Baca juga: Gerak Cepat Menko Airlangga, Sehari Temui 3 Pimpinan Tertinggi Singapura Bahas Kerja Sama Ekonomi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat