pattonfanatic.com

Izin Usaha Dicabut, TaniFund Belum Punya Tim Likuidasi

Ilustrasi layanan pendanaan mikro TaniFund.
Lihat Foto

JAKARTA, - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengatakan, fintech peer to peer lending PT Tani Fund Madani Indonesia alias TaniFund belum memiliki tim likuidasi usai pencabutan izin usaha yang dilakukan awal Mei lalu.

Izin usaha TaniFund dicabut lantaran fintech lending yang fokus ke sektor agri tersebut tidak memenuhi ketentuan ekuitas minimum dan tidak melaksanakan rekomendasi pengawasan OJK.

Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro, dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya OJK Agusman menuturkan, setelah melakukan pemeriksaan dan pendalaman, pihaknya juga menemukan adanya dugaan pelanggaran tindak pidana umum dalam kasus gagal bayar Tani Fund.

"Saat ini TaniFund belum mengajukan tim likuidasi," kata dia dalam keterangan resmi, ditulis Rabu (12/6/2024).

Baca juga: Daftar Baru 100 Fintech Lending Legal yang Diawasi OJK

Ia menambahkan, saat ini, proses hukum oleh aparat penegak hukum terhadap dugaan tindak pidana TaniFund juga sedang berjalan.

Agusman bilang, berdasarkan neraca penutupan inhouse yang disampaikan kepada OJK pascapencabutan izin usaha, TaniFund memiliki aset sebesar Rp 3 miliar.

Kemudian, ia menegaskan, pencabutan izin usaha terhadap TaniFund merupakan proses penegakan kepatuhan (enforcement) yang dilakukan oleh OJK.

Hal tersebut lantaran TaniFund tidak memenuhi ketentuan ekuitas minimum dan tidak melaksanakan rekomendasi pengawasan OJK sampai dengan batas waktu yang ditentukan.

Baca juga: Kasus Gagal Bayar TaniFund, OJK Temukan Dugaan Pelanggaran Pidana

 


Di sisi lain, Agusman juga menyinggung soal beberapa fintech lending lain yang berada dalam pengawasan khusus OJK.

Pada dasarnya, OJK melakukan langkah-langkah pengawasan (supervisory action), termasuk

pemantauan terhadap pemenuhan komitmen pengurus atas rencana tindak (action plan) yang telah disampaikan oleh fintech lending kepada OJK.

"Termasuk iGrow dan Investree," timpal Agusman.

Baca juga: Duduk Perkara Gagal Bayar TaniFund sampai Pencabutan Izin Usaha

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat