pattonfanatic.com

Catat, 5 Tips Memilih Reksa Dana yang Tepat

Ilustrasi reksa dana, investasi reksa dana.
Lihat Foto

JAKARTA, - Investor pemula pada umumnya menyukai instrumen investasi yang lebih konservatif. Kemudahan dan keterjangkauan investasi reksa dana, menjadi daya tarik bagi investor pemula.

Terlebih, kemudahan ini juga didukung oleh banyaknya platform dan aplikasi investasi online yang memungkinkan investor membeli reksa dana dengan smartphone di genggaman tangan.

Namun seiring dengan perkembangan zaman, ada tantangan tersendiri terkait jenis dan jumlah reksa dana yang terus bertambah dari hari ke hari.

Baca juga: Simak 4 Perbedaan Deposito dan Reksa Dana

Ilustrasi reksa dana, reksadana. SHUTTERSTOCK/KINGN Ilustrasi reksa dana, reksadana.

Fund Growth Specialist PT Indo Premier Sekuritas, Muhammad Arie Fadhlillah menjelaskan dalam setahun banyak produk reksa dana baru yang diluncurkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan investor.

"Dengan banyaknya pilihan reksa dana yang tersedia, menjadi penting untuk memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan investasi masing-masing," kata Arie dalam siaran pers, Kamis (13/6/2024).

Untuk membantu para investor dalam memilih reksa dana yang tepat, Fadhlil pun menyampaikan 5 tips memilih reksa dana berikut ini.

1. Kenali profil risiko investasi

Setiap investor memiliki profil risiko yang berbeda-beda, mulai dari konservatif, moderat hingga agresif. Penting untuk memahami karakter berinvestasi diri sendiri.

Baca juga: Reksa Dana Syariah Diprediksi Tumbuh Positif pada Bulan Ramadhan

"Sesuaikan produk reksa dana dengan profil risiko diri kamu untuk mengoptimalkan hasil investasi," ujar dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat