pattonfanatic.com

Perencanaan Keuangan dan Teknologi Bantu Generasi Muda Beli Rumah Pertama

Ilustrasi generasi milenial membeli rumah.
Lihat Foto

JAKARTA, - Membeli rumah pertama adalah impian banyak orang, namun dalam mencapai impian ini memerlukan perencanaan keuangan yang matang.

Polemik seputar Tapera (Tabungan Perumahan Rakyat) sedang menjadi pembicaraan hangat di masyarakat Indonesia, terutama di kalangan generasi milenial dan Gen Z yang mungkin berjuang untuk memiliki rumah sendiri.

Tapera merupakan skema tabungan yang diwajibkan oleh pemerintah Indonesia dengan tujuan membantu masyarakat dalam membeli rumah. Namun, pelaksanaan Tapera telah menuai berbagai polemik.

Baca juga: Simak, Cara Menabung untuk Membeli Rumah

Ilustrasi membeli rumah. Dok. Freepik Ilustrasi membeli rumah.

Beberapa kalangan menganggap bahwa kontribusi atau iuran Tapera adalah beban tambahan bagi pekerja muda yang sudah menghadapi tantangan finansial seperti biaya hidup yang tinggi.

Di sisi lain, pendukung kewajiban tersebut berpendapat bahwa skema ini dapat memberikan solusi jangka panjang bagi masalah kepemilikan rumah di Indonesia.

Berdasarkan data dari Kementerian PUPR tahun 2019, tercatat 81 juta jiwa generasi milenial di Indonesia belum memiliki rumah sendiri.

Faktor utama yang menyebabkan rendahnya kepemilikan rumah di kalangan generasi muda ini antara lain, harga properti yang terus meningkat dan penghasilan yang belum cukup untuk memenuhi syarat kredit pemilikan rumah (KPR).

Baca juga: 4 Tips Membeli Rumah dengan KPR

Menurut data Bank Indonesia (BI), indeks harga properti residensial di kuartal II tahun 2024 meningkat 1,92 persen secara tahunan (year on year). Dari data tersebut tentu dapat disimpulkan bahwa generasi milenial dan gen Z akan semakin kesulitan membeli rumah ke depannya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat