pattonfanatic.com

Bulog Akan Akusisi Sumber Beras di Kamboja, Ombudsman Sebut Terobosan Bagus

Anggota Ombudsman RI Yeka Hendra Fatika saat ditemui di Kantor BP Tapera, Jakarta, Senin (10/6/2024).
Lihat Foto

JAKARTA, - Ombudsman RI menyatakan dukungannya terhadap rencana Bulog yang mengakuisisi sumber beras di Kamboja.

Anggota Ombudsman Yeka Hendra Fatika mengungkapkan, rencana investasi itu sebaiknya diperluas ke berbagai negara lain seperti Vietnam, Thailand, bahkan Australia. 

“Itu terobosan yang sangat bagus. Kalau perlu Bulog itu mengakusisi lahan-lahan di Vietnam di Thailand, di Australia sehingga kita tidak impor (beras) tetapi itu kita laksanakan di sana buat negara kita sendiri," ujarnya usai Media Briefing di Jakarta, Jumat (14/6/2024).

Baca juga: Bulog Sebut 2 Juta Ton Beras Impor Sudah Masuk Indonesia

Yeka menilai kebijakan yang diambil pemerintah itu diperlukan lantaran Indonesia mengalami persoalan pada lahan produksi pertanian yang berkurang.

“Ini penting sekali sehingga modalnya dari kita, diambil untuk kita sendiri sehingga jauh lebih murah dan harapannya nah ini, jangan sampai kalau sudah seperti itu beras impor masih mahal. Itu terlalu namanya," katanya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk mengakuisisi sejumlah sumber beras di Kamboja.

Baca juga: Mengintip Upaya Jangka Pendek Kementan dalam Menggenjot Produksi Beras

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan saat memberikan sambutan pada peringatan HUT Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) ke-52 yang digelar di kawasan Senayan, Jakarta, Senin (10/6/2024).

Menurut Luhut, Presiden pun telah memerintahkan dirinya untuk menindaklanjuti akuisisi itu.

"Juga Bulog, kita akan akuisisi beberapa sumber beras di Kamboja. Dan Presiden tadi sudah perintahkan saya untuk kita tindaklanjuti," ujar Luhut.

Baca juga: Bapanas Pelajari Usulan Jokowi soal Akuisisi Sumber Beras di Kamboja

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat