pattonfanatic.com

PUPR Pastikan Air, Listrik, Gas, dan Internet Tersedia di IKN Sebelum 17 Agustus 2024

Pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Sepaku untuk pemenuhan kebutuhan air minum di Ibu Kota Nusantara (IKN).
Lihat Foto

JAKARTA, - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan air, gas, listrik, dan internet akan tersedia di Ibu Kota Nusantara (IKN) sebelum 17 Agustus 2024.

Dengan demikian, kebutuhan utilitas bagi para peserta upacara kemerdekaan 17 Agustus perdana di IKN akan terpenuhi karena gedung dan hotel sudah dapat dioperasikan fungsional.

"(Air, listrik, gas, dan internet) insya Allah tersedia (sebelum 17 Agustus)," ujar Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR Danis Sumadilaga saat ditemui di kantornya, Jakarta, Jumat (14/6/2024).

Baca juga: WNA Sebut IKN Ibukota Koruptor Nepotisme, Kementerian PUPR Buka Suara

Bandara Very Very Important Person (VVIP) atau Naratetama Ibu Kota Nusantara (IKN) resmi diperluas menjadi 621 hektar dari sebelumnya hanya 347 hektar.
BBT Bandara Very Very Important Person (VVIP) atau Naratetama Ibu Kota Nusantara (IKN) resmi diperluas menjadi 621 hektar dari sebelumnya hanya 347 hektar.

Danis mengungkapkan, pihaknya telah mendatangi IKN untuk memastikan pemasangan air, listrik, gas, dan internet berjalan sesuai target.

"Kemarin saya di sana juga memastikan juga bukan hanya air, tetapi listrik, kemudian Pertamina juga masang untuk memastikan bahwa ada gas, kalau komunikasi sih sudah masang," ucapnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, saat ini sumber air baku sudah siap baik dari Intake Sungai Sepaku maupun Bendungan Sepaku Semoi.

Dari sumber air baku ini, air akan diproses melalui instalasi pengolahan air bersih. Adapun instalasi pengolahan air bersih saat ini sudah hampir selesai.

Baca juga: 2.086 Hektare Lahan di IKN Bermasalah, AHY: Tinggal Tunggu Eksekusi

Setelah itu, air bersih akan dipompa ke reservoir atau tempat penyimpanan air melalui pompa sepanjang 16 kilometer.

Saat ini pompa tersebut sudah didatangkan dan mulai dipasang. Kemudian dari reservoir itu, air bersih akan didistribusikan ke IKN.

"Sekarang pompanya sedang dipasang, dalam beberapa hari ini rencananya sampai terpasang itu sampai kurang lebih 30 Juni itu siap untuk diuji coba," ungkapnya.

Bendungan Sepaku Semoi memiliki kapasitas 2.500 liter per detik dan Intake Sungai Sepaku berkapasitas 3.000 liter per detik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat