pattonfanatic.com

Tips Menyiapkan Dana untuk Kurban agar Mudah Alokasikan Uang

Ilustrasi hewan kurban.
Lihat Foto

JAKARTA, – Idul Adha tinggal menghitung hari. Sudahkah Anda mempersiapkan diri untuk berkurban?

Idul Adha adalah salah satu hari besar bagi umat Islam selain hari raya Idul Fitri, dimana umat Islam merayakan kemenangan dalam menunaikan ibadah, sekaligus momen untuk berkumpul bersama keluarga dan berbagi dengan sesama.

Di hari Idul Adha, umat Islam yang memiliki stabilitas finansial, sangat dianjurkan untuk melaksanakan kurban sebagai bentuk ibadah.

Baca juga: Nanobank Syariah Serahkan Hewan Kurban ke Lazisnu PBNU

Ilustrasi menabung. FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi menabung.

Namun demikian, salah satu tantangan yang menyebabkan sejumlah orang memilih untuk menunda pelaksanaan ibadah kurban adalah tingginya harga hewan kurban.

Selain itu, kenaikan harga kebutuhan pokok dari waktu ke waktu juga seringkali menjadi beban keuangan tersendiri bagi sebagian orang untuk menyisihkan uang untuk kurban saat Idul Adha datang.

Oleh karena itu, penting untuk kita bisa membuat rencana anggaran khusus kurban atau bahkan membuat tabungan khusus, sehingga kita bisa menunaikan ibadah ini setiap tahunnya.

Lantas, apa saja langkah-langkah yang harus disiapkan agar dana kurban bisa terkumpul tepat waktu menjelang Hari Raya Idul Adha? Simak beberapa tips berikut. 

Baca juga: Sambut Idul Adha 1445 H, BRI Insurance Berikan 2 Ekor Sapi untuk Kurban

1. Buat perencanaan keuangan yang matang

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah memasukkan perencanaan keuangan untuk kurban kedalam perencanaan keuangan bulanan maupun tahunan. 

Dalam membuat perencanaan ini, Anda perlu memperhitungkan kembali anggaran untuk kebutuhan harian, alokasi uang untuk ditabung, hingga pengumpulan dana darurat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat