pattonfanatic.com

Daya Saing Indonesia Terbaik ke-27 Dunia, Ungguli Jepang dan Malaysia

Ilustrasi Jakarta, pemandangan kota Jakarta.
Lihat Foto

JAKARTA, - Peringkat daya saing Indonesia naik pada 2024. Hal ini sebagaimana ditunjukkan dalam riset Institute for Management Development (IMD) World Competitiveness Ranking (WCR) 2024.

Berdasarkan riset tersebut, Indonesia menempati peringkat ke-27 negara paling kompetitif dari 67 negara yang dicatat. Peringkat Indonesia naik sebanyak 7 peringkat dari tahun lalu di posisi ke-34.

Dengan posisi tersebut, Indonesia mengungguli sejumlah negara di Asia Tenggara, seperti Filipina (52) dan Malaysia (34). Bukan hanya itu, peringkat Indonesia juga lebih tinggi dari sejumlah negara maju, seperti Inggris (28) dan Jepang (38).

Baca juga: Aturan Pembatasan Impor Berpotensi Lemahkan Daya Saing Produk Dalam Negeri

Ilustrasi gedung Shanghai tower, SWFC, dan Jinmao tower, pemandangan kota Shanghai di China.iStovkPhoto/JaCZhou Ilustrasi gedung Shanghai tower, SWFC, dan Jinmao tower, pemandangan kota Shanghai di China.

"Dalam beberapa dekade terakhir, negara-negara seperti China, India, Brasil, Indonesia, dan Turki mengalami pertumbuhan dan pembangunan pesat," ujar Direktur World Competitiveness Center (WCC) IMD, Arturo Bris, dalam keterangannya, Selasa (18/6/2024).

"Imbasnya kini mereka memegang peranan penting dalam perdagangan, investasi, inovasi, dan geopolitik," sambungnya.

Bris menjelaskan, pihaknya menentukan peringkat WCR 2024, yaitu performa ekonomi, efisiensi pemerintah, efisiensi bisnis, dan infrastruktur.

Dari keempat indikator ini, peringkat daya saing Indonesia didongkrak oleh tinggi pada efisiensi bisnis (14), efisiensi pemerintah (23) dan performa ekonomi (24).

Baca juga: Daya Saing Investasi RI Dinilai Kalah dengan Vietnam, Mengapa?

Namun, Indonesia dinilai masih cukup lemah pada ketersediaan infrastruktur, terutama terkait infrastruktur kesehatan dan lingkungan (61), pendidikan (57), sains (45) dan teknologi (32).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat