pattonfanatic.com

Cerita Tiarsih Bangun Kampung Rosella, Tingkatkan Ekonomi dari Komoditas Daerah

Ilustrasi rosella.
Lihat Foto

JAKARTA, - Rosella adalah tanaman tropis yang berasal dari benua Afrika. Namun kini, tanaman dengan nama latin Hibiscus sabdariffa ini sudah terkenal di berbagai belahan dunia, tidak terkecuali di Indonesia.

Daya pikat rosella adalah warnanya yang merah merona yang cantik, tidak hanya membuat tanaman itu terlihat asri di pekarangan rumah, tetapi juga menambah nilai estetik dipandang mata.

Begitulah pemandangan ketika memasuki Kampung Rosella yang berada di Desa Sumberdem, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang. Kampung Rosella merupakan salah satu dari lima kampung tematik di Desa Sumberdem yang memiliki daya tarik tersendiri.

Baca juga: Potensi Maritim Capai Rp 2 Triliun, Kampung Nelayan Modern Dibangun di Lampung

Cerita Tiarsih Bangun Kampung Rosella, Tingkatkan Ekonomi dari Komoditas DaerahDok. BRI Cerita Tiarsih Bangun Kampung Rosella, Tingkatkan Ekonomi dari Komoditas Daerah

Biasanya, pengunjung yang datang ke Kampung Rosella adalah anak-anak dari sekolah untuk pendidikan edukasi anak usia dini serta mahasiswa yang datang untuk penelitian tugas akhir.

Ketua Klaster Rosella, Tiarsih menceritakan, Kampung Rosella didirikan pada 2019, lantaran penduduk di sekitar memiliki kesadaran tinggi kalau rosella yang ada di daerahnya memiliki banyak manfaat.

Ditambah lagi, semangat warga setempat untuk berinovasi dalam membudidayakan tanaman ini.

"Tanaman rosella memang punya daya tarik karena warnanya, tapi juga menjadi komoditas daerah kami karena punya banyak manfaat, sehingga kami membudidayakannya. Kami tanam tanaman rosella ini di pekarangan rumah juga," kata Tiarsih dalam keterangan resmi, dikutip Selasa (18/6/2024).

Baca juga: Kampung Batik Laweyan yang Menolak Terlindas Roda Zaman

Adapun manfaat tanaman rosella, kata Tiarsih, untuk menetralisir kadar gula darah, menurunkan tekanan darah tinggi, meningkatkan kekebalan tubuh, juga sebagai antioksidan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat