pattonfanatic.com

Daftar 10 Kota di Dunia dengan Biaya Hidup Termahal untuk Pekerja

Ilustrasi pemandangan kota Hong Kong. Hong Kong jadi kota dengan biaya hidup termahal di dunia.
Lihat Foto

JAKARTA, - Survei dari Mercer bertajuk Cost of Living City Ranking 2024 melaporkan, Hong Kong menjadi kota dengan biaya hidup termahal bagi pekerja internasional.

Hong Kong juga kerap disebut sebagai pusat keuangan terbesar di Asia. Sementara itu, di posisi kedua terdapat Singapura dan Zurich yang juga dinobatkan sebagai kota paling mahal di dunia.

Kota-kota di Swiss menyesaki urutan teratas dengan menempatkan Jenewa dan Basel di urutan ke-4 dan ke-5.

Di sisi lain, kota-kota di Nigeria, Pakistan, dan Kyrgyzstan adalah kota-kota yang paling murah untuk ditinggali ekspatriat. Dalam daftar ini, kota Lagos dan Abuja di Nigeria berada pada peringkat ke-225 dan ke-226.

Baca juga: Rumah Termahal di AS Dijual Seharga Rp 4,6 Triliun

Pemimpin mobilitas global Mercer Yvonne Traber menjelaskan, inflasi yang tinggi dan meningkatnya ketegangan ekonomi dan geopolitik telah mendorong kenaikan harga perumahan, utilitas, pajak daerah dan pendidikan.

“Biaya hidup yang tinggi dapat menyebabkan penerima tugas menyesuaikan gaya hidup mereka, mengurangi pengeluaran atau bahkan kesulitan memenuhi kebutuhan dasar mereka,” kata dia dikutip dari CNBC, Rabu (19/6/2024).

Ia menambahkan, kota-kota seperti Nassau, Bahama, kota-kota lain yang masuk dalam 10 besar melaporkan kenaikan biaya perumahan mulai 2023.

Sebagai gambaran, terjadi lonjakan harga sebesar 8 persen di Hong Kong dan Singapura, 7 persen di New York City, dan 6 persen di Zurich.

Baca juga: Harga Rumah Pribadi di Singapura Termahal di Asia Pasifik

“Antara 2023 dan 2024, terdapat banyak ketidakstabilan dalam biaya ini di seluruh dunia, dengan harga sewa perumahan yang bervariasi secara signifikan antar kota,” imbuh laporan tersebut.

Harga juga meningkat karena pasokan perumahan gagal memenuhi permintaan. 

Biaya untuk perumahan tersebut dapat menjadi tantangan tersendiri di daerah dengan pertumbuhan penduduk yang tinggi atau dengan ketersediaan lahan yang terbatas untuk pembangunan.

"Faktor-faktor lain, seperti biaya konstruksi dan harga tanah, juga dapat mempengaruhi keterjangkauan perumahan,” ungkap dia,

Ketika hal ini terus terjadi, karyawan hanya memiliki sedikit pendapatan untuk pengeluaran lainnya. 

Baca juga: Daftar 15 BUMN dengan Laba Terbesar Sepanjang 2023

Sebagai informasi, survei ini membandingkan biaya lebih dari 200 item di 226 kota yang diteliti, termasuk harga perumahan, transportasi, makanan, pakaian, perlengkapan rumah tangga, dan hiburan.

Berikut ini adalah 10 kota dengan biaya hidup tinggi untuk pekerja internasional.

  1. Hong Kong
  2. Singapura
  3. Zürich, Swiss 
  4. Jenewa, Swiss 
  5. Basel, Swiss
  6. Bern, Swiss 
  7. New York, Amerika Serikat
  8. London, Inggris
  9. Nassau, Bahama 
  10. Los Angeles, Amerika Serikat

Demikian adalah 10 kota dengan biaya hidup tinggi untuk pekerja internasional.

Baca juga: 5 Jaringan Supermarket Terbesar di Dunia, Punya Lebih dari 13.000 Toko

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat