pattonfanatic.com

DPR Minta Kementan Benahi Data Penerima Subsidi Pupuk

Ilustrasi pupuk NPK.
Lihat Foto

 

JAKARTA, - Komisi IV DPR RI meminta Kementerian Pertanian (Kementan) segera membenahi atau memperbaiki data petani penerima subsidi pupuk. Perbaikan ini guna menjamin kelancaran penyaluran atau pendistribusian pupuk subsidi tepat sasaran.

Hal ini juga menjawab masalah temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tentang kelebihan penyaluran subsidi pupuk.

“Terkait dengan data petani, data luas tanam ini menjadi problem dengan distribusi pupuk, sumber data itu ada di desa, ada sensus pertanian, ada BPS, penyuluh pertanian, babinsa, kita bisa mengintegrasikan sumber daya pendataan ini untuk membuat data yang berbasis desa,” ungkap anggota Komisi IV DPR Ono Surono dalam Rapat Kerja Komisi IV DPR bersama Menteri Pertanian, Jakarta, Kamis (20/6/2024).

Baca juga: Anggota DPR Sebut Petani Masih Sulit Dapat Pupuk Subsidi

Kementan mengeluarkan Permentan Nomor 1 Tahun 2024 untuk memastikan penyaluran pupuk bersubsidi akurat dan tepat sasaranDOK. Humas Kementan Kementan mengeluarkan Permentan Nomor 1 Tahun 2024 untuk memastikan penyaluran pupuk bersubsidi akurat dan tepat sasaran

Ono menjelaskan, permasalahan seputar penyaluran atau pendistribusian pupuk bersubsidi berawal dari data yang tidak valid.

Dia mencontohkan data petani yang berada di Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) banyak yang tidak sesuai dengan data milik petani di KTP, girik, maupun sertifikat.

Masalah perbedaan data ini, dikatakan Ono menjadi salah satu faktor yang menyebabkan penyaluran tidak tepat sasaran.

Oleh karena itu, dirinya meminta Kementan untuk melakukan perbaikan data petani penerima subsidi pupuk berbasis desa dengan mengintegrasikan data sensus pertanian dan melibatkan penyuluh pertanian hingga babinsa.

Baca juga: Strategi Pupuk Indonesia Tingkatkan Penyerapan Pupuk Bersubsidi

Sementara itu, anggotabKomisi IV DPR Saadiah Uluputty menilai data penerima subsidi yang terdaftar di RDKK banyak yang tidak valid.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat