pattonfanatic.com

2 Cara Ganti PIN ATM BRI, Mudah dan Praktis

Ilustrasi cara ganti PIN ATM BRI.
Lihat Foto

- Cara ganti PIN ATM BRI sebenarnya sangat mudah dilakukan. Namun demikian, masih banyak nasabah bank pelat merah ini yang masih awam bagaimana mengubah PIN.

Mengganti PIN ATM secara rutin sangat penting untuk menjaga keamanan akun rekening bank Anda. Dengan mengganti PIN secara berkala membantu melindungi rekening dari kejahatan finansial seperti pencurian identitas, skimming, atau akses tidak sah ke rekening bank.

Jika PIN Anda telah diketahui orang lain tanpa sepengetahuan, mengganti PIN secara rutin dapat mencegah orang tersebut menggunakan informasi tersebut untuk mengakses rekening.

Cara ganti PIN ATM BRI

Secara umum ada dua cara mengganti PIN ATM BRI, pertama dengan melalui mesin ATM, kedua yakni dengan Anda datang langsung ke kantor cabang Bank BRI terdekat.

Berikut masing-masing tahapan cara mengganti PIN ATM BRI:

Baca juga: PIN ATM BRI Berapa Digit?

1. Cara ganti PIN di ATM BRI

Cara ganti PIN ATM BRI di mesin ATM ini adalah metode yang paling umum karena paling banyak digunakan nasabah. Berikut tahapannya:

  • Kunjungi ATM BRI terdekat.
  • Masukkan kartu debit BRI ke dalam mesin ATM BRI
  • Pilih terlebih dahulu bahasa yang akan Anda gunakan, untuk memudahkan bisa pilih Bahasa Indonesia
  • Masukkan PIN ATM BRI lama Anda
  • Klik tombol menu Transaksi Lain
  • Klik tombol menu Ubah PIN
  • Ketik angka PIN ATM lama Anda
  • Ketik angka PIN ATM BRI baru Anda
  • Ketik angka PIN ATM BRI baru Anda sekali lagi dan ikuti instruksi berikutnya.
  • Setelah berhasil, struk ganti PIN ATM BRI Anda akan keluar dari mesin.
  • Jangan lupa ambil kartu debit BRI Anda dari mesin ATM
  • Mudah kan cara ganti PIN di ATM BRI?

2. Cara ganti PIN ATM BRI di kantor cabang

  • Pergi ke kantor cabang BRI terdekat dan ambil nomor antrean untuk bertemu dengan petugas customer service (CS)
  • Bawa Dokumen yang Dibutuhkan seperti buku tabungan, kartu identitas (KTP), dan kartu ATM
  • Sampaikan kepada petugas bahwa Anda ingin mengganti PIN ATM. Petugas akan membantu proses penggantian PIN Anda
  • Penggantian PIN biasanya akan dilakukan di meja CS dengan menggunakan mesin EDC.

Adakah cara ganti PIN ATM BRI lewat HP?

Meski nasabah Bank BRI sudah bisa menggunakan aplikasi mobile banking BRImo, cara ganti PIN ATM BRI lewat HP belum bisa dilakukan melalui ponsel.

Ini karena pada aplikasi BRImo, belum tersedia fitur untuk melakukan penggantian PIN. Namun demikian, aplikasi BRImo bisa digunakan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan kartu ATM, sehingga kartu ATM tidak bisa digunakan misalnya saat hilang.

Baca juga: Adakah Cara Mengetahui PIN ATM dari Buku Tabungan?

Melalui BRImo pula, nasabah bisa mengatur limit atau batasan transaksi dari penggunaan kartu ATM. Jadi kesimpulannya, sejauh ini belum ada cara ganti PIN ATM BRI lewat HP.

Terkadang masih banyak orang yang masih awam bagaimana cara ganti PIN ATM BRI. Padahal cara ganti PIN ATM BRI di mesin ATM sebenarnya gampang dilakukan.Muhammad Idris/Money.kompas.com Terkadang masih banyak orang yang masih awam bagaimana cara ganti PIN ATM BRI. Padahal cara ganti PIN ATM BRI di mesin ATM sebenarnya gampang dilakukan.

Kenapa perlu ganti PIN ATM?

Dalam era digital, kebocoran data dari berbagai sumber bisa saja terjadi. Mengganti PIN secara rutin bisa mengurangi risiko jika data Anda termasuk dalam kebocoran tersebut.

Penggunaan internet banking dan transaksi online yang terus meningkat juga meningkatkan risiko kebocoran data. Mengganti PIN secara rutin bisa membantu mengurangi risiko ini.

Alasan lainnya, menggunakan mesin ATM di lokasi yang berbeda, terutama di tempat-tempat umum, dapat meningkatkan risiko PIN Anda diketahui oleh orang lain. Mengganti PIN setelah penggunaan ATM di lokasi yang tidak biasa bisa meningkatkan keamanan.

Baca juga: Apa Kepanjangan PIN ATM dalam Bahasa Indonesia dan Inggris?

Beberapa bank juga menyarankan atau bahkan mengharuskan nasabah untuk mengganti PIN secara berkala sebagai bagian dari kebijakan keamanan mereka.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat