pattonfanatic.com

10 Negara dengan Biaya Hidup Paling Terjangkau untuk Ekspatriat, Ada Indonesia

Ilustrasi pemandangan kota Ho Chi Minh City di Vietnam.
Lihat Foto

NEW YORK, - Saat seseorang memutuskan untuk bekerja di luar negeri, salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan adalah keuangan. Ini termasuk adalah biaya hidup di negara tujuan.

Selama empat tahun berturut-turut, Vietnam menjadi negara dengan biaya hidup paling terjangkau di dunia bagi ekspatriat menurut studi InterNations pada tahun ini.

Dikutip dari CNBC, Senin (8/7/2024), Vietnam menduduki peringkat pertama dari 53 negara tujuan dalam hal keuangan pribadi.

Baca juga: 10 Kota Termahal di Dunia untuk Ekspatriat, 2 Ada di Asia

Tay Ho, Hanoi, Vietnam.UNSPLASH/ANH HOANG Tay Ho, Hanoi, Vietnam.

Dari 53 negara, Vietnam berada di peringkat 40 untuk kualitas hidup, peringkat 29 untuk hal-hal penting bagi ekspatriat seperti kehidupan digital, tempat tinggal dan bahasa, dan peringkat ke-14 untuk bekerja di luar negeri, dengan pertimbangan seperti prospek karier, gaji, dan keamanan kerja.

Lebih dari 12.000 ekspatriat di 174 wilayah di seluruh dunia berpartisipasi dalam survei Expat Insider 2024.

Survei ini memberikan wawasan termasuk tempat tinggal terbaik dan terburuk, kualitas hidup, bekerja di luar negeri, dan keuangan pribadi.

Untuk mengukur Personal Finance Index, InterNations meminta responden untuk mengurutkan tingkat kepuasan pribadi dalam tiga bidang, yakni biaya hidup secara umum, kepuasan terhadap situasi keuangan, dan apakah pendapatan cukup untuk menjalani kehidupan yang nyaman.

Baca juga: 9 Kota di Asia Pasifik yang Jadi Tujuan Ekspatriat Global, 3 Tetangga RI

Data ini digunakan untuk menyusun laporan yang sebagian besar tidak berubah dibandingkan tahun lalu.

Namun, ada pengecualian negara baru yang masuk dalam daftar tersebut, yakni Brazil (peringkat ke-9) yang menggantikan Malaysia. Negeri Jiran turun dari peringkat ke-5 pada tahun 2023 menjadi peringkat ke-11 pada tahun ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat