pattonfanatic.com

Dikabarkan Bakal Jadi Bank Muhammadiyah, Ini Jawaban KB Bank Syariah

Direktur Utama Bank KB Syariah Koko Tjatur Rachmadi ketika ditemui di Jakarta, Kamis (11/7/2024).
Lihat Foto

JAKARTA, - Organisasi kemasyarakatan (ormas) Muhammadiyah dikabarkan berminat untuk membentuk bank syariah dengan mengakuisisi PT Bank KB Bukopin Syariah atau KB Bank Syariah.

Kabar ini mencuat setelah sebelumnya ramai diperbincangkan adanya penarikan dana simpanan di PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI).

Menanggapi hal tersebut, PT Bank KB Bukopin Syariah atau KB Bank Syariah turut buka suara.

Direktur Utama Bank KB Syariah Koko Tjatur Rachmadi tidak memberi jawaban pasti apakah KB Bank Syariah benar akan diakuisisi oleh Muhammadiyah.

Baca juga: Gandeng Badan Usaha Muhammadiyah, KB Bank Syariah Buka Peluang Bisnis

"Ranahnya Muhammadiyah, saya tidak berkompeten. Kalau dari sisi KB Bank Syariah, kami ikut induk untuk urusan growing-nya," kata dia ketika ditemui di Jakarta, Kamis (11/7/2024).

Ia menambahkan, pihaknya akan membangun sistem digitalisasi yang lebih canggih ke depannya.

Meskipun belum berencana untuk bergabung dengan Muhammadiyah, Koko menuturkan, pihaknya tetap akan memperdalam kerja sama dengan ormas keagamaan tersebut.

"Kami memastikan strategic partnership dengan Muhammadiyah lebih dalam lagi. Selama ini sudah banyak, tapi akan diperdalam, kami pererat," imbuh dia.

Koko mengungkapkan sampai saat ini belum ada kesepakatan lebih jauh terkait kerja sama dengan Muhammadiyah.

"Saya tidak dalam posisi untuk menjawab, karena harus dengan Muhammadiyah untuk menjawab itu," tandas dia.

Sebelumnya, VP Corporate Relations KB Bank Adi Pribadi mengatakan, pihaknya belum mendapatkan informasi resmi dari Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah.

"Ketika informasi telah resmi kami peroleh, tentunya akan disampaikan sesuai regulasi dan keterbukaan yang berlaku," kata dia kepada , Senin (1/7/2024).

Baca juga: Respons Erick Thohir soal Muhammadiyah Tarik Dana Besar dari BSI

Ia menambahkan, pada dasarnya KB Bank membuka kesempatan dengan pihak manapun untuk peluang dan kerja sama bisnis yang ada.

Dilansir dari Kontan, KB Bank Syariah membukukan laba bersih sebesar Rp 7,3 miliar pada kuartal I-2024. Angka tersebut tumbuh dua kali lipat sebesar 132 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Adapun secara aset, KB Bank Syariah terkonsolidasi sekitar 10 persen dari total aset KB Bank.

Sebagai informasi, Muhammadiyah dengan KB Bank Syariah terbilang memiliki kedekatan. Hal ini lantaran salah satu komisarisnya yang bernama Abdul Mu’ti juga menjabat sebagai Sekretaris Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah.

Secara historis, KB Bank Syariah dulu juga merupakan Bank Persyarikatan Indonesia yang dibentuk PP Muhammadiyah.

Baca juga: Cita-cita Muhammadiyah Membentuk Bank Syariah

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat