pattonfanatic.com

9 Tugas Bank Sentral Paling Pokok dan Penerapannya

Tugas bank sentral adalah salah satunya menyediakan dan mengelola sistem pembayaran. Di Tanah Air, tugas pokok Bank Indonesia adalah mengeluarkan dan mengelola peredaran uang.
Lihat Foto

- Tugas bank sentral adalah melaksanakan kebijakan moneter. Di Indonesia, tugas ini diemban oleh Bank Indonesia atau BI.

Melansir laman resmi BI, dalam kapasitasnya sebagai bank sentral, Bank Indonesia mempunyai tujuan untuk mencapai stabilitas nilai rupiah, memelihara stabilitas sistem pembayaran, dan turut menjaga stabilitas sistem keuangan dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Untuk mencapai tujuan tersebut Bank Indonesia bertugas mengelola tiga bidang yaitu moneter, sistem pembayaran, dan stabilitas sistem keuangan. Ketiga bidang tugas tersebut perlu diintegrasi agar tujuan tunggal dapat dicapai secara efektif dan efisien.

Baca juga: Pengertian Bank Sentral, Tugas, dan Fungsi, dan Contoh di Negara Lain

Bank Indonesia mempunyai otonomi penuh dalam merumuskan dan melaksanakan setiap tugas dan wewenangnya sebagaimana ditentukan dalam undang-undang tersebut. Pihak luar tidak dibenarkan mencampuri pelaksanaan tugas Bank Indonesia, dan Bank Indonesia juga berkewajiban untuk menolak atau mengabaikan intervensi dalam bentuk apapun dari pihak manapun juga.

Status dan kedudukan yang khusus tersebut diperlukan agar Bank Indonesia dapat melaksanakan peran dan fungsinya sebagai otoritas moneter secara lebih efektif dan efisien.

Tugas bank sentral

Tugas bank sentral adalah mencakup berbagai aspek yang bertujuan untuk menjaga stabilitas ekonomi dan keuangan suatu negara. Berikut adalah tugas-tugas utama bank sentral:

Baca juga: 9 Contoh Bank Swasta Nasional dan Asing di Indonesia

1. Menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter

Tugas pokok Bank Indonesia adalah mengendalikan inflasi, menjaga stabilitas harga, dan mendukung pertumbuhan ekonomi melalui pengaturan suku bunga, operasi pasar terbuka, dan pengendalian jumlah uang beredar.

2. Mengatur dan mengawasi sistem perbankan

Mengawasi bank-bank komersial dan lembaga keuangan lainnya untuk memastikan stabilitas dan kesehatan sistem perbankan. Ini mencakup penerapan regulasi, pengawasan kepatuhan, dan penanganan krisis perbankan. Namun di Indonesia, tugas pengawasan perbankan sudah diambil alih Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

3. Menjaga stabilitas sistem keuangan

Tugas pokok Bank Indonesia adalah mengidentifikasi dan mengelola risiko sistemik serta bertindak sebagai pemberi pinjaman terakhir bagi bank-bank komersial dalam situasi krisis likuiditas untuk menjaga stabilitas keseluruhan sistem keuangan.

4. Mengelola cadangan devisa

Di semua negara, tugas bank sentral adalah mengelola cadangan devisa negara untuk mendukung stabilitas nilai tukar mata uang dan menyediakan likuiditas dalam transaksi internasional.

5. Menyediakan dan mengelola sistem pembayaran

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat