pattonfanatic.com

Berikan Pelatihan Keuangan untuk UMKM Lokal, PT GNI Bantu Perkuat Ekonomi di Morowali Utara

Pelatihan diberikan kepada Kelompok Menjahit Desa Bunta.
Lihat Foto

PT Gunbuster Nickel Industry (GNI) membuktikan komitmennya dalam memperkuat ekonomi lokal masyarakat di Morowali Utara, Sulawesi Tengah melalui program corporate social responsibility (CSR). Kegiatan CSR yang diselenggarakan pada Minggu (21/3/2024) hingga Minggu (28/3/2024) tersebut turut menggandeng PT Stardust Estate Investment (SEI).

CSR yang dilakukan berupa pelatihan untuk pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Pelatihan tersebut turut bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bunta dan materi pelatihan mencakup teori dasar dan aplikasi praktis dalam pengelolaan laporan keuangan UMKM.

Bendahara BUMDes Bunta didapuk sebagai pemandu pelatihan kepada Kelompok Menjahit Desa Bunta dan Kelompok UMKM Abon Bandeng Bungintimbe. Selain pelatihan, peserta juga diberikan alat-alat esensial untuk mengelola keuangan yang lebih efektif agar dapat mengoptimalkan potensi dan perkembangan usaha.

Head of Corporate Communication PT GNI Mellysa Tanoyo mengatakan, pelatihan tersebut merupakan upaya perusahaan untuk mendukung perkembangan UMKM lokal.

Baca juga: PT GNI Gelar Penyuluhan Kesehatan Guna Perbaiki Kualitas Hidup Masyarakat Morowali Utara

“Pelatihan ini dirancang untuk membantu peserta tidak hanya dalam aspek keuangan, tetapi juga meningkatkan kapasitas mereka dalam menghadapi tantangan pasar yang dinamis dan kompetitif,” kata Mellysa dalam keterangan yang diterima , Selasa (2/5/2024).

Selain itu, lanjut Mellysa, pelatihan dari PT GNI dan SEI juga bertujuan untuk mengatasi beberapa tantangan yang sering dihadapi oleh pelaku UMKM, seperti inovasi, peningkatan kualitas dan kompetensi sumber daya manusia (SDM), serta pencatatan dan pembukuan keuangan yang efektif.

“Dengan memahami dan mengatasi hambatan-hambatan ini, PT GNI berharap pelaku UMKM dapat bertahan dan berkembang dalam kondisi pasar yang berubah-ubah,” jelas Mellysa.

Adapun Mellysa juga berharap, melalui program ini, PT GNI dan PT SEI dapat menciptakan dampak positif yang berkelanjutan pada ekonomi lokal dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekitar.

“Kami berharap, pelatihan ini akan membawa manfaat luas bagi ekonomi daerah dan memperkuat fondasi masa depan yang lebih sejahtera bagi komunitas lokal,” ujar Mellysa.

Pelatihan yang diberikan mencakup pengelolaan keuangan untuk UMKM. DOK. PT GNI Pelatihan yang diberikan mencakup pengelolaan keuangan untuk UMKM.

Para peserta pun mengungkapkan terima kasihnya kepada PT GNI dan PT SEI. Mereka bersyukur karena telah dibukakan peluang dan diajari cara mengimplementasikan materi pelatihan untuk mengembangkan kelompok usaha.

Baca juga: Dorong Generasi Muda Berkualitas, PT GNI Salurkan Beasiswa untuk Warga Sekitar Wilayah Industri

“Kami siap menerima masukan dalam upaya mengembangkan kelompok usaha. (Pelatihan ini) mencerminkan semangat kolektif untuk pertumbuhan dan peningkatan yang berkelanjutan,” ujar salah satu peserta pelatihan. (Rindu Hestya Melani)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat