pattonfanatic.com

10 Tips Sukses Wawancara Magang, Apa Saja?

Ilustrasi magang, mahasiswa magang di perusaahaan.
Lihat Foto

JAKARTA, - Program magang jangan hanya dianggap sebagai salah satu syarat untuk lulus dari perguruan tinggi. Ada banyak manfaat magang yang dapat dituai mahasiswa, salah satunya adalah pengalaman untuk berkarier secara profesional.

Layaknya melamar kerja, banyak program magang mengharuskan wawancara dengan pihak HRD perusahan terlebih dahulu.

Untuk Anda yang belum pernah wawancara magang, ada beberapa hal yang perlu disiapkan. Dengan persiapan yang matang, maka Anda dapat dengan sukses diterima dalam program magang tersebut.

Baca juga: Contoh Pertanyaan Wawancara Magang dan Cara Menjawabnya

Ilustrasi magang, mahasiswa magang di perusaahaan.SHUTTERSTOCK/FIZKES Ilustrasi magang, mahasiswa magang di perusaahaan.

Dikutip dari US News, Rabu (5/6/2024), berikut beberapa tips wawancara magang yang perlu diingat agar merasa percaya diri.

1. Pelajari perusahaan dan industri

Terutama jika Anda ingin magang di bidang yang baru bagi Anda, penting untuk mempelajari dasar-dasarnya dan bagaimana pengalaman Anda sebelumnya diterjemahkan ke dalam industri tersebut.

Anda tidak harus mengetahui segalanya, tetapi menggunakan bahasa khusus industri atau menyebutkan beberapa berita terkini dapat menunjukkan kepada HRD bahwa Anda melakukan riset.

2. Berlatih wawancara

Wawancara bisa sangat menegangkan, jadi melatih jawaban wawancara Anda dengan orang lain, seperti teman atau pelatih karier, dapat membantu Anda merasa lebih percaya diri dan nyaman.

Baca juga: Sepanjang 2023, Perusahaan Jepang Serap Sekitar 10.000 Pekerja Magang Indonesia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat