pattonfanatic.com

BI Beberkan 3 Faktor Keberhasilan Indonesia Mengelola Sukuk

Ilustrasi Sukuk.
Lihat Foto

JAKARTA, - Bank Indonesia (BI) terus berinovasi dalam memperkuat instrumen pasar keuangan syariah guna mendukung pemulihan ekonomi global.

Pada Annual Meeting IsDB ke-50, yang diselenggarakan pada 27-30 April 2024 di Riyadh, Arab Saudi.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengumumkan kesuksesan Indonesia sebagai negara penerbit Green Sukuk terbesar di dunia, yang mendapatkan apresiasi dari 57 negara anggota IsDB.

Baca juga: Sukuk Wakaf Ritel adalah Apa? Ini Pengertian dan Karakteristiknya

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2023, Rabu (29/11/2023)/ AGUSTINUS RANGGA RESPATI Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2023, Rabu (29/11/2023)

Dikutip dari keterangan tertulis BI, Kamis (2/5/2024), pada pertemuan yang bertema "Accelerating Climate Finance through Green and Sustainability Sukuk," Perry menekankan tiga faktor kunci dalam keberhasilan Indonesia mengembangkan dan mengelola sukuk.

Pertama, komitmen dan koordinasi yang kuat melalui mitra yang tepat, serta sosialisasi secara masif.

Kedua, strategi dan kerangka Green Sukuk yang jelas, didukung oleh kebijakan dan kerjasama antar negara.

Ketiga, penerbitan sukuk sebagai instrumen untuk mendukung kebijakan moneter dan pengembangan pasar uang.

Baca juga: Simak, Ini Cara Beli Investasi Sukuk Tabungan ST012

Untuk lebih lanjut mendukung stabilitas nilai tukar rupiah, BI telah meluncurkan Sukuk Valas Bank Indonesia (SUVBI), sebuah instrumen moneter pro-market yang dapat menjadi alternatif untuk mengelola likuiditas bagi pelaku keuangan syariah.

Negara-negara anggota IsDB menyambut baik upaya BI dalam menjembatani pasar keuangan jangka panjang dengan pasar keuangan jangka pendek.

Inisiatif penerbitan Sukuk Bank Indonesia (SUKBI) yang menjadi instrumen utama dalam pendalaman pasar keuangan dan pengelolaan moneter syariah, menjadi inspirasi bagi bank sentral lainnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat