pattonfanatic.com

Dugaan Sementara Penyebab KM Umsini Terbakar

KM Umsini saat terbakar di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Sulsel, Minggu (9/6/2024)
Lihat Foto

JAKARTA, - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni mengungkapkan penyebab insiden kapal KM Umsini yang terbakar saat sandar di Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar, Minggu (9/6/2024).

Kepala Kesekretariatan Perusahaan Pelni Evan Eryanto mengatakan sumber api pertama kali diketahui pukul 04.20 WITA. Api dipadamkan pada pukul 09.03 WITA setelah anak buah kapal (ABK) KM Umsini berupaya melakukan pemadaman menggunakan alat pemadam yang tersedia di atas kapal.

Dia mengungkapkan, kebakaran kapal ini diduga berasal dari percikan api di motor bantu yang berada di kamar mesin.

"Saat ini api sudah berhasil dipadamkan dan tidak ada korban jiwa," ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (9/6/2024).

Baca juga: KM Umsini Terbakar, Pelni Sampaikan Permohonan Maaf kepada Penumpang

Dia melanjutkan, para penumpang pun telah diturunkan dari kapal ke dermaga bersamaan saat api dipadamkan.

Adapun saat kejadian terdapat 1.677 orang penumpang di atas kapal dengan tujuan Makassar, Surabaya, Kijang, dan Jakarta. Untuk penumpang lanjutan akan diangkut menggunakan kapal PELNI lainnya yang akan melalui Makassar.

"Untuk penumpang tujuan Surabaya dan Kijang akan diangkut menggunakan KM Labobar pada Selasa (11/6), sementara penumpang lanjutan ke Jakarta akan dibawa KM Dorolonda di hari yang sama, seluruhnya berangkat dari Makassar," ungkapnya.

Baca juga: KM Umsini yang Terbakar di Pelabuhan Makassar Berusia 30 Tahun, Pelni Sebut Masih Layak Pakai

Meski tidak ada korban jiwa, namun Pelni akan memeriksa dampak dan penyebab kebakaran lebih lanjut setelah proses pendinginan selesai.

Untuk itu, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait.

"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan penumpang atas kejadian ini. Kami juga menghimbau kepada seluruh calon pelanggan untuk dapat menyesuaikan perjalanannya," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, KM Umsini milik PT Pelni terbakar di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Minggu (9/6/2024) dini hari.

Dalam video berdurasi 22 detik yang beredar di media sosial, KM Umsini sandar di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar. Tampak asap hitam membumbung tinggi, sementara orang-orang di sekitar pelabuhan terlihat panik.

Baca juga: 2 Penumpang KM Umsini Dilarikan ke RS karena Terluka dan Sesak Napas

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat