pattonfanatic.com

Kominfo Kembali Buka Pendaftaran Startup Studio Indonesia, Ini Syaratnya

Ilustrasi startup
Lihat Foto

JAKARTA, - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kembali membuka pendaftaran Startup Studio Indonesia (SSI) hingga 17 Mei 2024. Untuk gelaran kali ini, Kominfo menggandeng IBM, sehingga programnya kini bernama SSI X IBM.

SSI sendiri merupakan program bagi startup tahap awal melakukan scale up dengan pembinaan intensif. Dari 8 batch sebelumnya, SSI Kominfo telah meluluskan 132 startup.

Khusus tahun ini, program SSI membuka peluang bagi para startup untuk menjadi Official Build Partner IBM dan mendapatkan eksposur ke jajaran klien serta ekosistem IBM.

Direktur Ekonomi Digital Kominfo Boni Pudjianto mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk selalu menghadirkan kurikulum pelatihan yang praktis, tepat guna, dan sesuai kebutuhan para peserta.

Baca juga: Menilik Potensi Investasi Startup pada 2024

Menurut dia, kolaborasi terbaru SSI dengan IBM diharapkan dapat membantu para startup untuk mencapai produk-market fit (PMF), menciptakan model finansial yang berkelanjutan, serta memiliki rencana solid dalam pencapaian profitabilitas.

"Kami yakin materi ini akan bermanfaat bagi semua startup tahap awal, karena itu kami mengundang semua founder untuk berpartisipasi dalam program inkubasi nasional ini," kata Boni melalui keterangan pers, Selasa (14/5/2024).

Presiden Direktur IBM Indonesia Roy Kosasih mengatakan, pihaknya merasa bangga menjadi mitra perdana program inkubasi nasional Startup Studio Indonesia.

Mengingat rekam jejak SSI dan potensi digital Indonesia, kami siap membantu dan membina startup terpilih untuk scale up dan meningkatkan hasil bisnis," ujar Roy.

Baca juga: Kisah Pengusaha Alumni UGM M Abdurrohman Alhafidz, Bangun Startup Software ERP Lokal untuk Melawan Kompetisi Global

Sebagai informasi, 50 persen dari 132 alumni SSI telah menjalin kerja sama strategis, baik dengan mitra swasta maupun pemerintah.

Secara total, pendanaan yang diraih alumni SSI mencapai lebih dari Rp 1 triliun (65,8 juta dollar AS).

Hingga 2024, misi Kominfo untuk SSI yakni membantu 150 startup tahap awal Indonesia untuk ‘naik kelas’ baik dari segi jumlah pengguna, jumlah pendapatan, penyerapan tenaga kerja, dan pendanaan.

Baca juga: Pada 2024, PLN Akan Aktif Jadi Inkubator Startup Energi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat