pattonfanatic.com

Apa yang Dimaksud dengan Persamaan Dasar Akuntansi?

Persamaan dasar akuntansi adalah perhitungan yang nantinya bisa memproyeksikan kekayaan, utang, serta modal yang dimiliki perusahaan tersebut.
Lihat Foto

JAKARTA, - Persamaan akuntansi dapat digunakan sebagai media untuk menganalisis dan mencatat transaksi yang terjadi dalam perusahaan.

Persamaan dasar akuntansi juga diperlukan untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang perubahan posisi keuangan perusahaan akibat terjadinya transaksi. 

Persamaan dasar akuntansi memungkinkan perusahaan untuk memantau dan mengelola aset, kewajiban, dan ekuitas mereka dengan benar. Lalu, apa yang dimaksud dengan persamaan dasar akuntansi

Baca juga: Cara Mudah Isi Saldo e-mOney Mandiri di Aplikasi Shopee

Pengertian persamaan dasar akuntansi

 

Dilansir dari Gramedia.com, persamaan dasar akuntansi adalah perhitungan yang nantinya bisa memproyeksikan kekayaan, utang, serta modal yang dimiliki perusahaan tersebut.

Seperti diketahui, prinsip umum akuntansi adalah adanya keseimbangan (balance) antara sisi pemasukan dengan pengeluaran. Dengan kata lain, adanya keseimbangan antara harta/liabilitas yang dimiliki oleh perusahaan dengan kewajiban.

Adanya keseimbangan angka antara kedua bagian tersebut tentu saja harus dianalisis lebih dalam dengan persamaan dasar akuntansi. Nantinya persamaan dasar akuntansi digunakan untuk menilai kemampuan perusahaan mengelola keuangan perusahaan.

Baca juga: Cara Bayar dan Cek Tagihan PGN lewat Aplikasi DANA

Dikutip dari e-modul ekonomi yang diterbitkan Kemdikbud, persamaan dasar akuntansi adalah suatu persamaan yang menunjukkan jumlah harta kekayaan suatu perusahaan yang selalu sama dengan penjumlahan dari uutang dan modal perusahaan tersebut.

Kegunaan persamaan dasar akuntansi adalah untuk menggambarkan bahwa sebuah transaksi itu mempunyai pengaruh sedikitnya dua golongan rekening atau untuk mengetahui perubahan unsur atau posisi keuangan perusahaan. Yakni untuk mengetahui perubahan posisi harta (aset), utang (liabilitas/kewajiban) dan modal (ekuitas) perusahaan.

Prinsip persamaan dasar akuntansi secara matematis menghubungkan antara harta perusahaan dengan utang serta modal. Bagian harta atau aset perusahaan termasuk dalam bagian aktiva, sedangkan hutang dan modal masuk dalam bagian pasiva. 

Persamaan dasar akuntansi adalah perhitungan yang nantinya bisa memproyeksikan kekayaan, utang, serta modal yang dimiliki perusahaan tersebut.PIXABAY Persamaan dasar akuntansi adalah perhitungan yang nantinya bisa memproyeksikan kekayaan, utang, serta modal yang dimiliki perusahaan tersebut.

Unsur-unsur persamaan dasar akuntansi

Standar akuntansi keuangan yang berlaku di Indonesia saat ini telah mengacu kepada International Financial Accounting Standard (IFRS). 

Oleh karena itu, penggunaan istilah-istilah akuntansi harus merujuk kepada IFRS, misalnya unsur-unsur persamaan akuntansi. Unsur-unsur dalam persamaan dasar akuntansi antara lain sebagai berikut:

Baca juga: Cerita Komika Soleh Solihun Dikejar Petugas Pajak, meski Akun YouTube Nihil Pemasukan

1. Harta (aset/aktiva)

Aset adalah daftar kekayaan yang dimiliki suatu perusahaan. Aset atau aktiva merupakan kumpulan sumber daya yang dimiliki perusahaan yang akan digunakan untuk memperoleh penghasilan untuk tahun yang bersangkutan maupun tahun-tahun berikutnya.

Aset dapat berupa uang tunai, piutang, inventaris, tanah, bangunan, peralatan, dan sebagainya.

2. Utang (liabilitas/kewajiban)

Utang adalah kewajiban perusahaan untuk membayar kepada pihak lain sejumlah uang/barang/jasa di masa mendatang akibat transaksi di masa lalu. Kewajiban atau utang ini dapat berupa utang usaha, utang bank, atau pembayaran tertunda kepada pihak lain.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat