pattonfanatic.com

Pendaftaran Sekolah Kedinasan Dibuka Besok Lewat SSCASN

Ilustrasi sekolah kedinasan. Pendaftaran sekolah kedinasan dimulai Mei 2024. Sekolah kedinasan 2024 dibuka Mei. Seleksi sekolah kedinasan tahun 2024.
Lihat Foto

- Pendaftaran seleksi sekolah kedinasan tahun ini akan dibuka besok, Rabu 15 Mei 2024, dan dijadwalkan berlangsung sampai 13 Juni mendatang.

Pendaftaran akan berlangsung secara online melalui laman Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) yang dikelola oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN), https://sscasn.bkn.go.id.

Tahun ini pemerintah melalui Panitia Seleksi Nasional atau Panselnas mengalokasikan total 3.445 formasi yang akan diikuti oleh delapan kementerian/lembaga penyelenggara sekolah kedinasan.

Dilansir dari informasi resmi dari BKN, rincian formasi sekolah kedinasan tahun 2024 sebagai berikut:

  1. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN BIN) sebanyak 400 formasi
  2. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN Kemendagri) sebanyak 721 formasi
  3. Politeknik Keuangan Negara (PKN STAN) sebanyak 722 formasi
  4. Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (STMKG BMKG) sebanyak 120 formasi
  5. SIPENCATAR Kemenhub sebanyak 622 formasi
  6. Politeknik Siber dan Sandi Negara (PSSN BSSN) sebanyak 105 formasi
  7. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS BPS) sebanyak 355 formasi
  8. POLTEKIP/POLTEKIM Kemenkumham sebanyak 400 formasi.

Untuk digarisbawahi, calon pelamar hanya dapat memilih satu sekolah kedinasa (sekdin) saat pendaftaran.

Baca juga: Daftar 8 Instansi yang Buka Lowongan CPNS 2024 Lewat Sekolah Kedinasan

Aplikasi CAT BKN

Lebih lanjut, BKN telah melakukan sejumlah persiapan sarana dan prasarana yang akan digunakan dalam pelaksanaan seleksi, mulai kesiapan portal aplikasi SSCASN, mekanisme helpdesk untuk membantu pelamar, dan sistem aplikasi CAT BKN yang akan digunakan pada tahap Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD.

Plt. Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto menyampaika,  tujuan penerimaan seleksi sekolah kedinasan tahun ini yaitu merekrut dan membuka kesempatan bagi talenta-talenta baru untuk memenuhi kebutuhan PNS yang mempunyai kompetensi spesifik di bidang pengelolaan keuangan dan kekayaan negara, statistisi, kepamongprajaan, keamanan siber dan persandian, keimigrasian dan pemasyarakatan, meterorologi, klimatologi dan geofisika, serta transportasi.

Baca juga: Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2024 Dibuka Mei, Ini Daftar Instansinya

Haryomo mengingatkan calon pelamar agar waspada terhadap praktik penipuan atau percaloan yang kerap muncul saat penerimaan sekolah kedinasan.

Selain itu, calon pelamar diimbau untuk tidak coba-coba bertransaksi dengan oknum yang menjanjikan kelulusan karena setiap tahapan seleksi diumumkan secara terbuka kepada masyarakat.

“Jangan mudah percaya terhadap pihak-pihak yang menjanjikan kelulusan menjadi mahasiswa atau taruna sekolah kedinasal,” ujar Haryomo dalam keterangan tertulis yang dikutip , Selasa (14/5/2024).

Adapun proses seleksi akan dilakukan secara online dan tes dilaksanakan dengan CAT yang dipastikan transparan dan akuntabel.

Baca juga: Seleksi Sekolah Kedinasan 2024, Ini Daftar Instansi dan Jumlah Formasinya

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat