pattonfanatic.com

Simak, 6 Tips Menjaga "Work Life Balance"

Ilustrasi work life balance
Lihat Foto

JAKARTA, - Mempertahankan keseimbangan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan alias work life balance adalah tantangan yang semakin relevan di era modern.

Dikutip dari US News, Selasa (14/5/2024), berikut adalah enam trik yang dapat Anda terapkan untuk menjaga work life balance agar kesejahteraan Anda terjamin.

1. Selaraskan hidup dan kerja

Alih-alih memisahkan kehidupan dan pekerjaan, anggaplah keduanya sebagai bagian yang saling terkait. Ada saat-saat ketika pekerjaan akan lebih dominan dan sebaliknya.

Baca juga: Banyak Pekerja Ingin Work Life Balance, Apakah Ini Akhir Era Hustle Culture?

Ilustrasi bekerjaFREEPIK/FREEPIK Ilustrasi bekerja

Merencanakan jadwal antara pekerjaan dan kehidupan berbulan-bulan sebelumnya dapat membantu mengurangi stres dan menghindari kecemasan karena merasa harus menjalani kehidupan terbaik setiap hari.

2. Tetapkan aturan dasar

Penting untuk menetapkan kebijakan keseimbangan hidup dan kerja, seperti tidak bekerja di akhir pekan atau mematikan email kerja setelah jam 6 sore.

Meskipun teknologi memudahkan kita untuk terus terhubung, menetapkan batasan membantu mencegah pekerjaan mengganggu kehidupan pribadi Anda.

3. Selektif dalam rapat

Rapat yang tidak produktif dapat mengganggu efisiensi kerja dan merusak keseimbangan hidup.

Baca juga: Dukung Work Life Balance, Perusahaan Ini Berikan Cuti bagi Karyawan yang Berulang Tahun

Meminta agenda rapat sebelum menghadiri dapat membantu Anda menghindari rapat yang tidak perlu. Dengan demikian, anda dapat menyisakan waktu untuk hal-hal yang lebih penting.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat