pattonfanatic.com

Kisah Renu Lubis, Diaspora yang Raup Cuan lewat Restoran ala "Fine Dining" di Belanda

Renu Lubis dan Eduard Roesdi membuka bisnis kuliner Indonesia dengan nama restoran Nona Manis di Oegstgeest, Belanda.
Lihat Foto

OEGSTGEEST, - Restoran dengan menu masakan Indonesia banyak diminati di Belanda. Hal ini yang membuat bisnis kuliner cukup diminati oleh para diaspora di Negeri Kincir Angin tersebut.

Salah satunya, Renu Lubis, yang membuka restoran Indonesia bernama Nona Manis di Oegstgeest, Belanda.

Bersama suaminya, Eduard Roesdi, Renu memilih membuka restoran Indonesia berkonsep 'mewah dan formal' alias ala fine dining.

Baca juga: LPEI dan Diaspora Indonesia Kerja Sama Buka Akses Pasar UKM Indonesia ke Kanada

 

Ilustrasi siomay bandung.SHUTTERSTOCK/Aris Setya Ilustrasi siomay bandung.

Konsep itu berbeda dari umumnya restoran Indonesia di Belanda yang menyajikannya makanan secara ‘rijsttafel’ atau dengan banyak hidangan.

"Konsep hidangan masakan Indonesia dengan set course menu yang biasa digunakan oleh restoran-restoran barat menjadi daya tarik tersendiri di sini," ujar Renu di Oegstgeest, Belanda, dikutip Senin (10/6/2024).

"Menunya yang tersedia juga jarang ditemui di Belanda seperti misalnya Karedok, Soto Kudus, Ikan Arsik, Ikan Mangut, Nasi Ulam hingga Siomay Bandung," imbuhnya.

Dengan konsep yang unik dan menu makanan yang menarik, Nona Manis pun mendapat sambutan positif di Belanda, terutama oleh para diaspora Indonesia yang tinggal di sana.

Baca juga: BNI Gelontorkan Kredit kepada Diaspora di Hong Kong

Renu bahkan mengaku omzet yang didapatkannya berkisar 20.000 sampai 25.000 euro atau setara Rp 350 juta-Rp 437 juta per bulannya (asumsi kurs Rp 17.500 per euro). Dengan omzet itu, Nona Manis telah mencapai break event point (BEP) alias balik modal kurang dari satu tahun.

"Sangat oke (respons konsumen di Belanda) karena kami punya konsep yang berbeda. Saya kira bisa dikatakan sebelum setahun sudah BEP. So that's good news (ini kabar baik), karena kelola bisnis restoran itu kan gak gampang yah," ungkapnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat