pattonfanatic.com

Staf Jokowi Bantah Mahalnya Harga Bawang Putih karena Harga Impor yang Tinggi dari China

Ilustrasi bawang putih.
Lihat Foto

JAKARTA, - Deputi III Kepala Staf Kepresidenan di Bidang Perekonomian Edy Priyono membantah bawah mahalnya harga bawang putih di Tanah Air disebabkan karena mahalnya harga bawang putih impor asal China.

Dia menjelaskan, berdasarkan informasi yang didapatinya bahwa harga bawang putih di China di tingkat grosir saja tak sampai 1 dollar AS per kilogram.

“Kami juga dengar katanya harga harga bawang putih mahal karena harga di China mengalami kenaikan sehingga mahal. Kami sudah cek langsung di website harga bawang putih di China tingkat grosir itu tidak sampai 1 dollar AS per kilogram sehingga kalau kta bisa mendapatkan akses dari grosir sehingga harga yang kita dapat bisa tidak mahal,” ujarnya dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2024 secara virtual, Senin (13/5/2024).

“Jadi tidak ada alasan kalau mahalnya harga bawang putih karena harga di China mahal,” sambungnya.

Baca juga: Pengusaha Belum Realisasikan Impor Bawang Putih, Mendag: Kita Akan Penalti

Lebih lanjut Edy mengatakan, berdasarkan hasil rapat koordinasi tingkat kementerian, yang menyebabkan tingginya harga bawang putih adalah karena realisasi impor yang sangat rendah.

Dia memaparkan, kebutuhan bawang putih secara rata-rata hanya mencapai 50.000 ton, sehingga dalam waktu 5 bulan atau Mei harusnya sudah sudah masuk 250.000 ton.

Namun sayangnya realisasi impor bawang putih sampai awal Mei baru mencapai 113.477 ton atau 42 persen. Bahkan jika dibandingkan dengan persetujuan impor yang sudah diterbitkan, realisasinya hanya 34 persen.

“Jadi persoalannya bukan di penerbitan perizinan impor tetapi di realisasi impor yang diakukan importir. Banyak yang mengatakan banyak pemain baru sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk melakukan impor,” katanya.

Baca juga: Melemahnya Rupiah Bisa Bikin Harga Bawang Putih dan Kedelai Naik

 


Sebelumnya, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengklaim proses importasi bawah putih tidak bermasalah alias lancar.

Bahkan pihaknya sudah mengeluarkan izin impor bawang putih sebanyak 300.000 ton untuk memenuhi stok kebutuhan dalam negeri.

“Impor bawang putih enggak ada masalah, lancar. Saya sudah mengeluarkan izin 300.000 ton, lebih dari cukup,” ujarnya usai menghadiri Apel Siaga Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan Jelang Idul Fitri di Jakarta, Senin (1/4/2024).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat