pattonfanatic.com

Pabrik Panel Surya Bakal Dibangun di KIT Batang, Bisa Serap 3.000 Lapangan Kerja

Ilustrasi panel surya, pembangkit listrik tenaga surya (PLTS).
Lihat Foto

JAKARTA, - SEG Solar (SEG), produsen photovoltaic (PV) asal Amerika Serikat, telah menandatangani Perjanjian Pemanfaatan Tanah Industri (PPTI) dengan PT Kawasan Industri Terpadu Batang atau Grand Batang City, holding BUMN Danareksa untuk membangun pabrik terbarunya.

Investasi SEG menandakan langkah penting dalam menjadikan Grand Batang City sebagai pusat manufaktur PV terbesar di Asia Tenggara memperkuat komitmen Indonesia terhadap energi hijau, dan membuka peluang baru bagi pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja.

"Keberadaan SEG merupakan bukti nyata daya tarik Grand Batang City sebagai tujuan investasi
utama bagi industri manufaktur PV. Kami berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh
kepada SEG Solar dalam membangun pabrik mereka dan membantu mereka mencapai kesuksesan di Indonesia," kata Ngurah Wirawan, Direktur Utama Grand Batang City dalam keterangan tertulis, Kamis (16/5/2024).

Baca juga: Perusahaan Asal Singapura Jadi Investor Pertama KIT Batang Tahun Ini

Ilustrasi panel surya, pembangkit listrik tenaga surya (PLTS).SHUTTERSTOCK/DIYANA DIMITROVA Ilustrasi panel surya, pembangkit listrik tenaga surya (PLTS).

PPTI untuk lahan disepakati seluas 40 hektar dengan nilai investasi lebih dari 500 juta dollar AS atau setara sekitar Rp 7,9 triliun (kurs Rp 15.944 per dollar AS).

Pabrik SEG di Grand Batang City akan menjadi salah satu fasilitas manufaktur PV terbesar di Asia Tenggara, dengan kapasitas produksi tahunan mencapai 5GW untuk sel surya dan 5GW untuk modul.

Proyek ini diperkirakan akan menciptakan lebih dari 3.000 lapangan kerja, memberikan dorongan signifikan bagi ekonomi lokal dan meningkatkan keterampilan tenaga kerja
di bidang teknologi PV.

"Tata letak terintegrasi di seluruh rantai industri sangat penting bagi SEG untuk mematuhi standar rantai pasokan yang sesuai dengan hukum. Melalui koordinasi hulu dan hilir, SEG memastikan penyediaan produk hijau yang bersih dan dapat dilacak untuk pasar di Amerika Serikat, Eropa, dan Indonesia, dengan demikian memfasilitasi transisi global menuju energi hijau rendah karbon," kata Jun Zhuge, Pendiri dan COO SEG dalam keterangan tertulis, Kamis (16/5/2024).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat